Bahasa Pemrograman PHP

Share it:
PHP merupakan Bahasa Pemrograman yang dapat Anda gunakan untuk membuat skrip yang lebih interaktif. Skrip ini kemudian akan diolah dalam web server yang hasilnya dapat dilihat dalam bentuk HTML. PHP memungkinkan Anda membuat situs yang lebih interaktif dan lebih mudah untuk dioperasikan. MySQL merupakan bahasa pemrograman database terbuka. Yang mana memungkinkan Anda untuk bisa membuat, merubah, dan mengakses beberapa database sekaligus dalam server Anda. Kombinasi keduanya biasanya digunakan untuk membuat toko daring, forum,dan  permainan.

Contoh Lambang PHP


PHP dapat mengumpulkan informasi dari pengguna, membuat dan merubah berkas pada server, mengirim dan menerima cookies, membatasi akses,dan mengenskripsi data.

php yang awalnya merupakan singkatan dari Personal Home Page ini merupakan bahasa pemrograman populer untuk mengembangkan sebuah website dinamis. Tak hanya itu, CMS (Content Management System) populer seperti Joomla,WordPress, Drupal dan MyBB ini dibangun menggunakan php.
Rilis terbaru php perbulan September 2012 adalah php versi 5.4.0 yang mengusung fasilitas built in web server. Web server built-in di PHP versi 5.4.0 ini di desain untuk membantu proses pengembangan saja dan tidak disarankan untuk digunakan sebagai web server sebenarnya.

Web server sendiri adalah sebuah server yang mengelola atau meng-hostsebuah website. Software web server yang cukup populer antara lain Apache dan Nginx.

Berikut beberapa perintah untuk menggunakan fasilitas Web Server Built-Inantara lain sebagai berikut :

$cd ~/public_html
$php -S localhost:8008

Perintah diatas akan mengaktifkan web server dengan root direktori pada ‘public_html’ dan akses melalui hosting lokal atau localhost melalui port 8008.


Bahasa pemrograman PHP sendiri sangat populer digunakan oleh sebagian besar website dan digunakan sebagai media pembelajaran oleh webmaster pemula, mengingat lisensi php adalah free atau gratis.


Adapun bahasa pemrograman untuk web selain php, yaitu ASP (Active Server pages) besutan Microsoft, sayangnya ASP ini tidak free, sehingga kalah populer dengan php.
Share it:

Artikel

Post A Comment:

0 comments: